Tautan-tautan Akses

Misi MAVEN NASA akan Pelajari Iklim Planet Mars


Misi pesawat antariksa MAVEN adalah mengungkap beberapa misteri mengenai evolusi iklim planet Mars.

Misi pesawat antariksa MAVEN adalah mengungkap beberapa misteri mengenai evolusi iklim planet Mars.

Pesawat antariksa MAVEN yang akan diluncurkan akhir tahun 2013, akan menyelidiki lapisan atmosfir teratas dan iklim Mars.

Badan antariksa Amerika, NASA telah menyetujui rancangan satelit Mars-nya yang baru MAVEN yang akan menjadi pesawat antariksa pertama untuk menyelidiki lapisan atmosfir paling atas dan iklim pada planet merah itu.

NASA mengatakan proyek itu mencapai kemajuan besar akhir minggu lalu ketika lolos dalam Uji Kritis Rancangan sehingga pembuatan satelit itu kini bisa dimulai.

Para insinyur dari Universitas Colorado di Boulder merancang pesawat antariksa MAVEN yang dijadwalkan akan diluncurkan akhir 2013. Setelah penerbangan 10 bulan, pesawat itu akan memulai misinya selama setahun mengitari Mars.

NASA mengatakan tujuan misi MAVEN adalah mengungkap beberapa misteri mengenai evolusi iklim mars.

Salah satu manajer MAVEN (Bruce Jakosky dari Universitas Colorado di Boulder) mengatakan memahami bagaimana dan mengapa atmosfir Mars berubah adalah tujuan ilmiah penting bagi misi itu. Pengetahuan mengenai iklim Mars penting bagi misi-misi berawak di masa depan disana dan juga bisa menjadi petunjuk mengapa iklim bumi berubah.

XS
SM
MD
LG