Tautan-tautan Akses

Mesir Tuduh Hamas Latih Islamis Mesir Lakukan Teror


Seorang tentara Mesir berjaga di perbatasan antara Mesir dan selatan jalur Gaza, 8 September 2013 (Foto: dok).

Seorang tentara Mesir berjaga di perbatasan antara Mesir dan selatan jalur Gaza, 8 September 2013 (Foto: dok).

Mesir menuduh militan Hamas yang berbasis di Gaza melatih militan Islamis Mesir untuk melakukan pemboman dan tindak terorisme lain di semenanjung Sinai.

Dari daerah tetangga Gaza,Hamas memb antah tuduhan Mesir, dan menyebut tuduhan tersebut sama sekali tidak benar, Kamis (12/9).

Tuduhan Mesir yang terbaru yang ditayangkan televisi pemerintah tersebut, disiarkan sehari setelah pihak berwenang melaporkan dua ledakan bom mobil di Sinai dekat perbatasan Gaza yang menewaskan enam tentara Mesir dan melukai 17 lainnya. Belum ada yang mengaku bertanggungjawab atas insiden itu.

Ledakan-ledakan tersebut ditujukan terhadap pos pemeriksaan militer di kota perbatasan Mesir, Rafah, yang membuat situasi menjadi bertambah gawat dan memperparah ketegangan politik di negara itu sejak penggulingan presiden Islamis Mesir Mohamed Morsi bulan Juli lalu.

Tuduhan yang disiarkan televisi itu mencakup tuduhan Mesir bahwa sayap militer Hamas melatih Islamis yang berbasis di Sinai dalam pembuatan bom dan bom mobil. Mesir juga menuduh Hamas memasok 400 ranjau darat kepada militan-militan setempat.
XS
SM
MD
LG