Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan AS akan Mundur Tahun Depan


Robert Gates mengatakan hal ini merupakan kesempatan logis karena tinjauan strategi pemerintahan Obama di Afghanistan akan selesai.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan ia merencanakan untuk mengundurkan diri tahun depan, katanya hal ini merupakan “kesempatan logis untuk menyerahkan kekuasaan” karena tinjauan strategi pemerintahan Obama di Afghanistan akan selesai.

Gates membuat komentar itu dalam sebuah wawancara dengan majalah Foreign Policy. Ia mengatakan pada 2011, penambahan pasukan di Afghanistan sudah selesai dan pemerintahan Obama akan tahu apakah strateginya di Afghanistan membuahkan hasil.

Ia mengatakan kepada majalah itu, tidak tepat untuk menunggu sampai Januari 2012 untuk meninggalkan jabatannya, katanya saat itu sulit mencarikan seorang kandidat yang tepat untuk menggantikan dirinya karena merupakan tahun pemilihan dimana kemungkinan pemerintahan Obama bisa digantikan oleh pemerintahan dari seorang presiden yang baru.

Dalam wawancara lainnya dengan Los Angeles Times, Gates mengatakan jadwal Juli 2011 bagi dimulainya penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan sudah pasti.

Panglima Amerika dan NATO di Afghanistan, Jenderal David Petraeus, mengatakan kepada televisi NBC Minggu bahwa Juli 2011 merupakan momen “dimulainya sebuah proses.”

XS
SM
MD
LG