Tautan-tautan Akses

Menteri Perdagangan Jepang Mundur Setelah Komentar tentang Fukushima


Menteri Perdagangan Jepang, Yoshio Hachiro mengundurkan diri hari Sabtu (10/9) setelah keliru berkomentar soal Fukushima.

Menteri Perdagangan Jepang, Yoshio Hachiro mengundurkan diri hari Sabtu (10/9) setelah keliru berkomentar soal Fukushima.

Yoshio Hachiro mundur hari Sabtu, setelah mengatakan daerah di sekitar fasilitas PLTN Fukushima yang rusak sebagai 'kota kematian'.

Menteri Perdagangan Jepang mundur setelah mengeluarkan komentar yang dinilai menyinggung perasaan orang-orang yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat krisis nuklir awal tahun ini di PLTN Fukushima.

Yoshio Hachiro mengumumkan pengunduran dirinya hari Sabtu, setelah mengatakan daerah di sekitar fasilitas yang rusak itu sebagai "kota kematian”.

Media Jepang melaporkan setelah berkunjung ke Fukushima hari Kamis, Hachiro juga berkelakar bahwa dia akan menulari wartawan dengan radiasi.

Pengunduran diri Hachiro merupakan kemunduran bagi pemerintah baru PM Hoshihiko Noda, yang mulai bertugas dan membentuk kabinet baru delapan 8 hari lalu menyusul pengunduran diri penggantinya, Naoto Kan.

Kan turun di tengah rendahnya dukungan masyarakat atas kinerja pemerintahannya menangani bencana gempa yang merusak Jepang bulan Maret dan krisis yang diakibatkannya pada pembangkit tenaga nuklir Fukushima.

XS
SM
MD
LG