Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Baru Jepang akan Segera Bertemu Obama


Yoshihiko Noda, perdana menteri baru Jepang

Yoshihiko Noda, perdana menteri baru Jepang

Di sela-sela kesibukannya mempersiapkan kabinet baru, Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengatakan keinginannya untuk bertemu Presiden Obama dan menkeu AS, Timothy Geithner.

Bakal Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengatakan ia akan berusaha mengadakan pertemuan segera dengan Presiden Amerika Barack Obama.

Noda, yang sibuk membentuk kabinetnya sebelum upacara pelantikan pekan ini, mengatakan hari Rabu ia menyatakan keinginannya untuk mengadakan pertemuan melalui pembicaraan telepon dengan Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner. Para pejabat Jepang mengatakan mereka sedang berusaha mengatur pertemuan di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York bulan depan.

Bakal pemimpin Jepang itu mengatakan ia telah berbicara dengan Geithner untuk memperoleh dukungannya bagi siapapun yang menggantikan Noda sebagai menteri keuangan. Noda, seorang konservatif dalam soal keuangan dan menteri keuangannya yang baru menghadapi masalah yang berat dalam usaha untuk menggairahkan ekonomi yang sudah lama mandek, akibat gempa bumi dan tsunami tanggal 11 Maret di Jepang.

XS
SM
MD
LG