Tautan-tautan Akses

AS Upayakan Segala Cara untuk Bantu Temukan Siswi-siswi Nigeria yang Diculik


Orang-orang membawa poster menuntut dikembalikannya para siswi yang diculik militan Boko Haram di desa Chibok, Lagos (9/5/2014).
Orang-orang membawa poster menuntut dikembalikannya para siswi yang diculik militan Boko Haram di desa Chibok, Lagos (9/5/2014).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Amerika akan melakukan apapun yang mungkin untuk membebaskan ke-276 siswi yang diculik oleh kelompok militan Nigeria Boko Haram.

Berbicara hari Kamis di Washington, Kerry mengatakan satu tim penasihat militer Amerika segera tiba di Nigeria untuk memberikan bantuan komunikasi, logistik, dan intelijen.

Sedikitnya tiga negara lain telah berjanji akan membantu Nigeria dalam pencarian itu. Inggris telah berjanji akan menyediakan gambar-gambar satelit, sementara Perancis mengatakan akan mengirim agen-agen keamanan.

Ketika berpidato dalam pertemuan puncak Forum Ekonomi Dunia hari Kamis di Abuja, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menyampaikan ucapan terima kasih kepada China, negara terbaru yang menjanjikan bantuan menemukan para siswi itu.

Dia mengatakan mereka yang menghadiri forum itu menunjukkan dukungan bagi Nigeria dan merupakan “pukulan besar” bagi teroris. Dia mengatakan jika delegasi-delegasi itu tidak menghadiri forum tersebut, militan akan merayakannya dan “melakukan lebih banyak malapetaka.”

Boko Haram dituduh melakukan ribuan pembunuhan sejak melancarkan pemberontakan melawan pemerintah Nigeria tahun 2009. Kelompok itu telah menyerang sekolah, gereja, mesjid, kantor polisi, dan pasar sementara berusaha menerapkan syariah Islam yang ketat di Nigeria utara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Recommended

XS
SM
MD
LG