Tautan-tautan Akses

2 Tersangka Marinir Italia Dikirim ke India, Menlu Italia Mundur


Menlu Italia Giulio Terzi memilih mengundurkan diri dari jabatannya hari Selasa 26/3 (foto: dok).

Menlu Italia Giulio Terzi memilih mengundurkan diri dari jabatannya hari Selasa 26/3 (foto: dok).

Menlu Giulio Terzi mengundurkan diri untuk memprotes keputusan Italia mengirim dua marinir yang menghadapi tuduhan pembunuhan ke India.

Menteri Luar Negeri Italia Giulio Terzi mengatakan ia mengundurkan diri dari jabatannya karena tidak setuju dengan keputusan pemerintah untuk mengirim dua marinir Italia kembali ke India guna menghadapi tuduhan pembunuhan.

Terzi memberitahu parlemen Italia hari Selasa bahwa keprihatinannya mengenai keputusan itu diabaikan, oleh karena itu ia merasa tidak bisa lagi mengabdi sebagai menteri luar negeri.

Hari Jumat, pemerintah Italia mengirim kembali kedua laki-laki itu, yang dituduh menembak mati dua nelayan India di lepas pantai India barat daya awal tahun lalu.

Bulan lalu, India mengabulkan permintaan Italia agar kedua marinir itu diijinkan kembali ke Italia untuk mencoblos dalam pemilu nasional dengan syarat mereka akan kembali ke India.

Namun Italia memungkiri janji itu, yang membuat pemerintah India menanggapinya dengan berang dan bahkan sampai melarang duta besar Italia meninggalkan India.

Italia kembali berubah pikiran setelah mendapat jaminan dari India bahwa para tersangka tidak akan menerima hukuman mati.
XS
SM
MD
LG