Tautan-tautan Akses

Menlu AS Clinton Tiba di Beijing


Hillary Clinton akan merundingkan berbagai isu politik dan ekonomi, termasuk isu-isu regional Asia Timur, dengan pejabat Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton tiba di Beijing pada hari Minggu menjelang pembicaraan tingkat tinggi mengenai ekonomi dan politik dengan pejabat Tiongkok. Perundingan juga akan mencakup isu mengenai tenggelamnya kapal perang Korea Selatan.

Dalam lawatan ke fasilitas pemeliharaan pesawat Boeing di Shanghai sebelumnya, Clinton menekankan perlunya Amerika mendapat akses lebih besar bagi perekonomian Tiongkok.

Clinton menekankan pentingnya arena persaingan yang setara di Tiongkok, di mana perusahaan-perusahaan Tiongkok dan asing dapat bersaing secara bebas dan terbuka.

Hari Jumat di Tokyo, Clinton mencela Korea Utara atas tenggelamnya kapal Korea Selatan, dan memperingatkan bahwa ada konsekuensi-konsekuensi bagi tindakan provokatif.

Korea Utara telah menyangkal bertanggungjawab atas insiden tersebut dan telah bertekad akan menanggapi tindakan balasan dengan apa yang disebut negara tersebut sebagai perang habis-habisan.

XS
SM
MD
LG