Tautan-tautan Akses

Clinton Awali Lawatan ke 3 Negara Asia


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton

Menlu AS Hillary Clinton akan membahas berbagai isu kontroversial di Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton telah berangkat dari Washington untuk mengawali lawatan enam hari ke Asia Timur, di mana ia akan membahas berbagai isu kontroversial.

Clinton akan tiba di Tokyo pada hari Jumat untuk bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama dan Menteri Luar Negeri Katsuya Okada. Kedua pihak berbeda pendapat mengenai relokasi sebuah pangkalan militer Amerika di Pulau Okinawa.

Clinton kemudian akan bertolak ke Tiongkok. Ia akan singgah di paviliun Amerika pada acara Shanghai Expo di hari Sabtu. Setelah itu, Clinton akan bertemu para pejabat tinggi Amerika dan Tiongkok di Beijing untuk membicarakan sejumlah isu ekonomi, di antaranya nilai tukar mata uang Tiongkok yang dianggap Washington sengaja dibuat rendah.

Amerika menuduh Tiongkok mempertahankan kontrol ketat terhadap yuan untuk membuat harga produk-produk impor Tiongkok lebih murah di pasar global.

Setelah itu, Clinton menuju Korea Selatan, di mana ketegangan dengan Korea Utara meningkat sejak tenggelamnya sebuah kapal perang Korea Selatan pada 26 Maret yang menewaskan 46 pelaut.

XS
SM
MD
LG