Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Telah Pilih Pengganti Richard Holbroke


Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton

Menlu AS Hillary Clinton akan menunjuk diplomat kawakan Marc Grossman untuk menduduki jabatan yang kosong sejak Richard Holbrooke meninggal dunia.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton telah memilih utusan khusus baru untuk Afghanistan dan Pakistan. Menurut Departemen Luar Negeri AS, Clinton akan menunjuk diplomat kawakan Marc Grossman untuk menduduki jabatan tersebut,dengan pengumuman resmi diduga akan dikeluarkan pekan ini.

Grossman adalah mantan duta besar untuk Turki yang juga memegang jabatan tinggi dalam Departemen Luar Negeri di bawah Presiden George W Bush.

Jabatan sebagai utusan khusus untuk Afghanistan dan Pakistan kosong sejak meninggalnya Richard Holbrooke bulan Desember.

Grossman pensiun dari Departemen Luar Negeri pada tahun 2005, dan kini menjabat sebagai wakil presiden sebuah perusahaan konsultasi yang dipimpin mantan Menteri Pertahanan William Cohen.

Clinton dijadwalkan mengucapkan pidato penting mengenai Afghanistan dan Pakistan di New York pada hari Jumat.

Sementara itu, Senator John Kerry akan tiba di Pakistan, Selasa, untuk bertemu dengan para pejabat senior Pakistan. Kedutaan besar Amerika di Islamabad mengatakan, Kerry akan menegaskan lagi dukungan Amerika pada hubungan antara kedua negara.

XS
SM
MD
LG