Tautan-tautan Akses

Obama Kirim Rancangan Anggaran ke Kongres, Potong Anggaran Pertahanan


Presiden Barack Obama saat menjelaskan mengenai rancangan anggaran federal, didampingi Direktur Kantor Anggaran AS, Jacob Lew, Senin (14/2).

Presiden Barack Obama saat menjelaskan mengenai rancangan anggaran federal, didampingi Direktur Kantor Anggaran AS, Jacob Lew, Senin (14/2).

Dalam rancangan itu, Obama mengusulkan pengurangan defisit sebesar 1,1 triliun dolar dalam waktu 10 tahun ke depan.

Presiden Obama mengatakan anggaran federal 2012 yang diusulkannya mencerminkan kebutuhan untuk menanggapi defisit anggaran federal, tetapi pihak Republik mengatakan usulan Obama belum memenuhi kebutuhan tersebut.

Obama mengirimkan rencana anggarannya ke Kongres hari Senin, yang mengusulkan pengurangan defisit sebesar 1,1 triliun dolar dalam waktu 10 tahun ke depan.

Pemimpin mayoritas Republik di DPR, John Boehner, mengecam usulan itu, katanya anggaran ini meneruskan kebiasaan “mabok belanja” dan akan menyebabkan semakin banyak ketidak pastian ekonomi serta menghilangkan lapangan pekerjaan. Ia mengatakan pihak Republik yang mayoritas di DPR akan memotong puluhan miliar dolar dari belanja dalam tujuh bulan berikut.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengadakan pertemuan dengan pemimpin Republik di DPR John Boehner pada Senin. Kelompok mereka menginginkan potongan drastis untuk program dan badan-badan tertentu termasuk Departemen Luar Negeri. Clinton mengatakan kepada para reporter di Gedung Kongres bahwa pemotongan anggaran yang diusulkan pihak Republik akan membahayakan keamanan nasional Amerika.

Obama mengatakan di sebuah sekolah di Maryland, bahwa anggarannya sebesar 3,7 miliar dolar untuk tahun fiskal 2012 sesuai dengan janji kampanyenya untuk mengurangi defisit anggaran Amerika sebesar 50 persen pada akhir masa jabatannya yang sekarang.

Dalam usulan anggarannya itu, Presiden Obama mengajukan anggaran bernilai 671 miliar dolar untuk pertahanan pada tahun 2012, yang berarti memotong anggaran militer terbesar di dunia sebanyak 5 persen.

Menhan AS Robert Gates menyerukan pemotongan belanja pertahanan besar-besaran.

Menhan AS Robert Gates menyerukan pemotongan belanja pertahanan besar-besaran.

Anggaran ini termasuk pemotongan belanja pertahanan sebesar 78 miliar dolar selama lima tahun berikutnya, sebagaimana diserukan oleh Menteri Pertahanan Robert Gates bulan lalu.

Mayoritas dari anggaran pertahanan 2012 akan diperuntukkan membayar gaji dan tunjangan anggota militer, operasi global dan dana untuk membeli peralatan teknologi tinggi yang mahal.

Obama mengusulkan sekitar 118 miliar dolar untuk perang di Irak dan Afghanistan – sebuah pengurangan dari 160 miliar dolar untuk 2011.

Diluar perang Irak dan Afghanistan, usulan Obama sebenarnya menunjukkan adanya peningkatan sebesar 22 miliar dolar dalam anggaran Pentagon dibandingkan anggaran 2010.

Pejabat mengatakan anggaran pertahanan ini mencerminkan komitmen Gates untuk membuat Departemen Pertahanan lebih efisien, dan termasuk pembatalan atau pengurangan beberapa program yang dianggapnya merupakan pemborosan atau harganya terlalu tinggi.

XS
SM
MD
LG