Tautan-tautan Akses

Menlu AS Jadi Tuan Rumah Pembicaraan Pakistan-Afghanistan di Brussels


Menlu AS John Kerry (kiri) dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul (foto: dok). Kerry akan menjadi tuan rumah pembicaraan Karzai dan para pejabat senior Pakistan.

Menlu AS John Kerry (kiri) dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul (foto: dok). Kerry akan menjadi tuan rumah pembicaraan Karzai dan para pejabat senior Pakistan.

Menlu AS John Kerry akan menjadi tuan rumah pembicaraan tingkat tinggi antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan para pejabat senior Pakistan di Brussels, Belgia Rabu (24/4).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan ia akan menjadi tuan rumah pembicaraan tingkat tinggi antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan para pejabat senior Pakistan di Brussels pada hari Rabu untuk membahas rekonsiliasi dengan Taliban dan isu-isu lainnya.

Kerry hari Senin mengatakan menteri pertahanan Afghanistan akan hadir bersama kepala militer Pakistan dan menteri luar negerinya.

Pertemuan ini merupakan bagian dari serangkaian diskusi yang dimediasi oleh Amerika.

Para pejabat Afghanistan semakin merasa frustrasi dengan pemerintah Pakistan mengenai upaya untuk mencapai perdamaian dengan Taliban, yang memiliki hubungan dekat dengan dinas keamanan Pakistan.

Pasukan Taliban secara terbuka mengatakan tidak akan terlibat dalam pembicaraan damai dengan pemerintah Karzai.

Proses rekonsiliasi itu telah mengalami beberapa kemunduran, termasuk pembunuhan perunding pilihan Karzai. Presiden Afghanistan itu telah mengatakan Pakistan harus terlibat dalam setiap upaya perdamaian dengan Taliban.

Kerry mengatakan pembicaraan itu juga akan memusatkan perhatian pada serah terima tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan pada tahun ini, menjelang penarikan mundur pasukan asing dari negara itu pada akhir tahun 2014.

Hanya beberapa ribu tentara NATO akan tetap berada di Afghanistan setelah itu, dibandingkan dengan sekitar 100.000 sekarang.
XS
SM
MD
LG