Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Setiap Negara Bertanggung Jawab Lawan Pemanasan Global


Menteri Luar Negeri AS John Kerry berbicara dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB di Lima, Peru (11/12). (AP/Rodrigo Abd)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry berbicara dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB di Lima, Peru (11/12). (AP/Rodrigo Abd)

Menurut Kerry, lebih dari setengah emisi karbon yang menyebabkan Bumi memanas datang dari negara-negara miskin, sehingga sangat penting agar mereka juga bertindak.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan setiap negara di planet ini memiliki tanggung jawab untuk memerangi perubahan iklim, bukan hanya penghasil polusi besar seperti Amerika Serikat dan China.

Kerry berbicara Kamis (11/12) pada Konferensi Perubahan Iklim PBB di Lima, Peru, tempat negara-negara berkembang bersikeras negara kaya harus menanggung beban untuk memerangi perubahan iklim.

Menurut Kerry, lebih dari setengah emisi karbon yang menyebabkan Bumi memanas datang dari negara-negara miskin, sehingga sangat penting agar mereka juga bertindak dan menggunakan apa yang ia sebut sumber energi masa depan, bukannya energi dari masa lalu.

Kerry mengatakan tidak ada waktu untuk duduk-duduk dan bolak-balik menunjuk siapa yang bertanggung jawab untuk membersihkan atmosfer.

Para delegasi di Lima mencari kesepakatan untuk memangkas gas rumah kaca yang dianggap menyebabkan suhu global meningkat.

Mereka berharap dapat menandatangani kesepakatan di Paris Desember mendatang.

XS
SM
MD
LG