Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Iran Harus Buktikan Kesungguhan dalam Dialog Program Nuklir


Menlu AS John Kerry meminta langkah konkrit dari Pemerintah Iran terkait program nuklir (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry meminta langkah konkrit dari Pemerintah Iran terkait program nuklir (Foto: dok).

Dalam menghadapi tawaran ramah dari Presiden baru Iran Hassan Rouhani, Menlu AS John Kerry meminta langkah konkrit dari pemerintah Iran untuk membuktikan kesungguhannya terkait program nuklir.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry secara berhati-hati telah menyatakan harapannya atas dialog terkait program nuklir Iran, dan mengatakan Iran harus mengambil langkah konkrit untuk membuktikan kesungguhannya.

Berbicara di Tokyo, Kamis(3/10), Menlu AS John Kerry mengatakan tidak ada yang akan diterima begitu saja dalam dialog tersebut.

Iran telah menyatakan keinginan untuk meningkatkan dialog dengan Barat dibawah presiden baru Hassan Rouhani.

Kekhawatiran mengenai program nuklir negara itu tetap menjadi isu utama, dengan negara-negara Barat dan Israel mengatakan Iran sedang berusaha mengembangkan senjata nuklir. Iran telah sejak lama mengatakan program nuklirnya untuk tujuan damai, dan telah dikenakan beberapa babak sanksi setelah menolak untuk menghentikan pengolahan uranium.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan pekan lalu dalam pembicaraan telepon bersejarah dengan Rouhani bahwa ia yakin solusi yang komprehensif dapat dicapai mengenai program nuklir Iran, dan bahwa kedua belah pihak sedang bergerak maju.
XS
SM
MD
LG