Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS: Hubungan dengan Saudi Tetap Sangat Kuat


Menlu AS John Kerry bersama Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir

Menlu AS John Kerry bersama Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir

Menlu AS John Kerry menyatakan lagi dukungan pada sekutunya Arab Saudi ketika ia menyelesaikan kunjungan di negara itu hari Minggu (24/1), dengan mengatakan kedua negara tetap mempunyai hubungan persahabatan yang sekuat kapanpun.

Kerry mengatakan “tidak ada yang berubah” sebagai akibat persetujuan Amerika dan 5 negara kuat dunia lain dengan Iran untuk mengekang program nuklirnya sebagai imbalan pencabutan sanksi milyaran dolar.

Ucapannya sama dengan yang dikeluarkannya hari Sabtu ketika ia bertemu dengan para pejabat Saudi dan negara-negara Teluk di Riyadh.

Pembicaraan itu diadakan setelah banyaknya kegiatan yang berhubungan Iran, termasuk pelaksanaan persetujuan nuklir, penahanan sementara dan pembebasan 10 tentara laut Amerika oleh Iran, dan pertukaran yang dirundingkan yang menghasilkan pembebasan 4 warga Amerika yang dipenjarakan di Iran. Orang Amerika yang ke-5 dibebaskan oleh Teheran kira-kira pada waktu yang sama pekan lalu.

Walaupun adanya perkembangan ini, Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan, “saya kira tidak ada kemungkinan Amerika dan Iran akan berhubungan erat.” [gp]

XS
SM
MD
LG