Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS: Gagasan Konstruktif Dibutuhkan untuk Konflik Israel-Palestina


Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan baik Israel maupun Palestina perlu segera mengambil langkah untuk menunjukkan kemauan menuju perdamaian abadi.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan gagasan konstruktif dibutuhkan untuk menemukan solusi konflik Israel-Palestina.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan demikian Sabtu pagi (4/6) setelah bertemu di Paris dengan Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Marc Ayrault dan sebelum Menteri Luar Negeri Amerika itu berangkat ke Mongolia.

Kerry berada di ibukota Perancis itu bersama para menteri dari lebih 20 negara yang menerima tawaran Perancis untuk mengkoordinasi dan membicarakan kemungkinan penyelenggaraan konferensi internasional sebelum akhir tahun ini yang bertujuan untuk menemukan solusi konflik yang sedang berlangsung. Pertemuan di Paris itu tidak dihadiri oleh Israel dan Palestina.

Hari Jumat (3/6), Kerry mengatakan baik Israel maupun Palestina perlu segera mengambil langkah untuk menunjukkan kemauan menuju perdamaian abadi.

“Kita perlu mencari segera beberapa langkah di lapangan yang akan berguna,” kata Kerry kepada para wartawan. “Setiap orang sependapat hari ini bahwa kita tidak dapat memaksakan solusi dari luar dan kita perlu mengusahakan perundingan langsung.”

“Solusi dua negara melalui perundingan adalah jalan satu-satunya untuk mencapai perdamaian abadi, dimana dua negara, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dalam damai dan dengan aman,” kata para peserta konferensi dalam pernyataan bersama. [gp]

XS
SM
MD
LG