Tautan-tautan Akses

Negara Adidaya Berusaha Hidupkan Proses Perdamaian Timur Tengah


Menlu Perancis Jean-Marc Ayrault (kanan) menyambut Menlu AS John Kerry di Paris, Jumat (3/6).

Menlu Perancis Jean-Marc Ayrault (kanan) menyambut Menlu AS John Kerry di Paris, Jumat (3/6).

Pejabat 20 negara yang berkumpul di Paris Jumat (3/6) menyambut baik kesediaan Perancis untuk menjadi tuan rumah kemungkinan konferensi internasional pada akhir tahun.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan hari Jumat (3/6) bahwa Israel dan Palestina harus segera mengambil langkah untuk menunjukkan kemauan menuju perdamaian dan penyelesaian abadi.

"Kita perlu mencari beberapa langkah langsung di lapangan yang akan membuat kemajuan," kata Menteri Kerry kepada wartawan. "Semua orang setuju bahwa kita tidak bisa memaksakan solusi dari luar melainkan harus lewat perundingan langsung. "

Menteri-menteri dari lebih dari 20 negara yang berkumpul di Paris menyambut baik kesediaan Perancis untuk mengatur dan mengurus kemungkinan dapat diadakan konferensi internasional pada akhir tahun. Baik Israel, maupun Palestina tidak hadir dalam pertemuan di Paris itu.

"Solusi dua-negara yang dirundingkan merupakan satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian yang abadi, dengan dua negara, Israel dan Palestina, hidup berdampingan secara damai dan aman," kata peserta konferensi dalam komunike bersama setelah pertemuan mereka.

Para peserta menandaskan bahwa status quo tidak bisa berlanjut. "Tindakan di lapangan, terutama tindak kekerasan dan kegiatan pembangunan permukiman yang terus berlanjut sangat membahayakan prospek bagi solusi dua negara," kata komunike tersebut.

Para peserta membahas cara-cara - bagaimana masyarakat internasional bisa membantu memajukan prospek perdamaian, termasuk dengan memberikan insentif berarti kepada kedua pihak untuk berdamai dan mengakhiri pendudukan Israel yang dimulai pada tahun 1967. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG