Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS di Arab Saudi, Upayakan Koalisi Hadapi ISIS


Menlu AS John Kerry bersama dengan Menlu Arab Saudi Pangeran Saud al-Faisal di Terminal Kerajaan Raja Abdulaziz, Bandara Internasional, Jeddah, Arab Saudi (11/9).

Menlu AS John Kerry bersama dengan Menlu Arab Saudi Pangeran Saud al-Faisal di Terminal Kerajaan Raja Abdulaziz, Bandara Internasional, Jeddah, Arab Saudi (11/9).

Menlu AS John Kerry tiba di Jeddah, Kamis (11/9) dan dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat dari beberapa negara Arab utama dan Turki.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry berada di Arab Saudi untuk mencari dukungan Arab dalam membentuk koalisi melawan militan Negara Islam (ISIS) , setelah Presiden Barack Obama bertekad untuk memburu para ekstremis di mana pun mereka berada, termasuk di Suriah.

Kerry tiba di Jeddah hari Kamis (11/9), di mana ia dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat dari beberapa negara Arab utama dan Turki.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Kerry menginginkan upaya yang lebih baik untuk menghentikan aliran dana kepada kelompok-kelompok ekstremis, dan bahwa koalisi mungkin perlu pangkalan militer yang lebih baik dan pesawat untuk melakukan serangan udara.

Presiden Obama mengatakan dalam pidato Rabu malam (10/9) bahwa ia tidak akan ragu memerintahkan serangan udara terhadap sasaran ISIS di Suriah sebagai bagian dari operasi yang diperluas untuk melemahkan dan menghancurkan kelompok teror itu.

Obama menekankan perlunya kontribusi dari mitra-mitra Amerika untuk menyediakan informasi intelijen, bantuan kemanusiaan dan pesawat terbang.

Obama membentangkan strategi empat bagian yang mencakup serangan di luar serangan udara bulan lalu untuk melindungi kepentingan Amerika di Irak.

XS
SM
MD
LG