Tautan-tautan Akses

Meksiko: Biro Perjalanan ikut Tanggung Jawab dalam Serangan di Mesir


Menteri Luar Negeri Meksiko Claudia Ruiz Massieu saat memberikan keterangan mengenai tewasnya 8 turis Meksiko di Mesir (foto: dok).

Menteri Luar Negeri Meksiko Claudia Ruiz Massieu saat memberikan keterangan mengenai tewasnya 8 turis Meksiko di Mesir (foto: dok).

Menlu Meksiko mengatakan Rabu (6/1), hasil penyidikan mendapati bahwa biro perjalanan tidak memiliki izin untuk membawa turis Meksiko ke lokasi terjadinya serangan keliru oleh pasukan Mesir.

Pemerintah Meksiko mengatakan, penyidikan oleh pihak berwenang Mesir menetapkan bahwa sebuah biro perjalanan dan beberapa pejabat pemerintah lokal harus bertanggung jawab atas serangan yang keliru oleh pasukan keamanan Mesir yang menewaskan 8 turis Meksiko.

Tentara yang mengejar kaum militan menyerang iring-iringan mobil turis di gurun pasir Mesir sebelah barat bulan September.

Orang-orang yang selamat mengatakan serangan itu dilakukan oleh helikopter-helikopter dan sebuah pesawat terbang dan mencakup penjatuhan bom terhadap para turis.

Menteri Luar Negeri Meksiko Claudia Ruiz Massieu mengatakan Rabu (6/1) malam bahwa penyidikan mendapati bahwa biro perjalanan itu tidak memiliki izin yang jelas untuk membawa turis ke daerah itu.

Dia mengatakan Kementerian Pariwisata Mesir mendapati bahwa pihak berwajib pemerintah dan dinas perjalanan seharusnya memiliki ijin yang lebih jelas dan karena itu akan dimintai pertanggungjawaban.

Para pejabat Mesir tidak memberikan komentar mengenai hasil penyidikan Meksiko itu. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG