Tautan-tautan Akses

Meksiko Bersedia Ekstradisi Gembong Narkoba ke Amerika


Gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman, kanan, dikawal tentara dan marinir menuju helikopter, di hanggar federal di Mexico City, 8 Januari 2016.

Gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman, kanan, dikawal tentara dan marinir menuju helikopter, di hanggar federal di Mexico City, 8 Januari 2016.

Pemerintah Meksiko bersedia mengekstradisi gembong narkoba yang berhasil ditangkap kembali, Joaquin "El Chapo" Guzman, ke Amerika Serikat, kata pejabat-pejabat Meksiko yang tidak disebutkan namanya kepada berbagai media hari Sabtu (9/1).

Ini merupakan perubahan tajam sikap pemerintah Meksiko setelah Guzman terakhir kali ditangkap pada tahun 2014.

Larinya Guzman pada bulan Juli lalu dari sebuah penjara yang dijaga sangat ketat menimbulkan perselisihan antara Amerika dan Meksiko. Amerika telah meminta Guzman diekstradisi.

Proses ekstradisi perlu waktu berbulan-bulan, dan para pengacara Guzman diperkirakan akan menentangnya.

Guzman dikembalikan ke penjara Altiplano setelah ditangkap kembali hari Jumat di kota Los Mochis di Sinaloa, negara bagian asalnya.

Beberapa jam kemudian, Guzman yang mengenakan kemeja biru dan celana olahraga diperlihatkan kepada para wartawan sedang dipindahkan dari sebuah mobil lapis baja ke helikopter yang membawa Guzman dan paling sedikit seorang kaki tangannya kembali ke penjara.

Jaksa Agung Meksiko Arely Gomez Gonzalez mengatakan, penangkapan kembali Guzman adalah hasil operasi pengintaian besar-besaran yang melibatkan seorang awak pembuat film yang sedang membuat biografi gembong narkoba itu. [uh]

XS
SM
MD
LG