Tautan-tautan Akses

Media Sosial Berperan Penting dalam Konvensi Partai Republik


Tak kurang dari 15.000 anggota media meliput Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa, Florida yang berlangsung 27-30 Agustus (Ade Astuti/VOA).

Tak kurang dari 15.000 anggota media meliput Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa, Florida yang berlangsung 27-30 Agustus (Ade Astuti/VOA).

Media-media sosial ikut memainkan peran penting dalam Konvensi Partai Republik di Tampa Florida, bahkan menjadi forum konvensi tanpa dinding atau “Convention Without Walls” bagi para delegasi dan wartawan.

Beberapa tahun terakhir ini kehadiran media sosial tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari pemilihan gubernur di tingkat DKI Jakarta hingga nominasi calon presiden Amerika, media sosial memainkan peran penting.

Google, Facebook dan Twitter adalah tiga media sosial yang merajai lalu lintas komunikasi tanpa batas dalam Konvensi Partai Republik di Tampa Florida. Google bahkan menjadi media sosial resmi yang menyediakan jaringan layanan komunikasi, tidak saja bagi 50 ribu orang yang memadati konvensi, tetapi juga mereka yang berada di luar konvensi.

Menurut Sam Smith, juru bicara Google yang ditemui di sela-sela Konvensi Partai Republik – lewat berbagai fasilitas yang dimiliki Google seperti google data, google plus, youtube hangout dan sebagainya, Google ikut memperluas informasi dan komunikasi dari dan ke arena konvensi dan semuanya tersedia secara gratis.

Namun, Google tak hendak menepuk dada. Layanan sosial media raksasa ini hanya menyediakan jaringan, sementara isi yang hendak dikomunikasikan, dilakukannya lewat kerjasama dengan berbagai media tradisional lainnya.

Kantor sementara VOA, Al-Hurra dan MartiTV di arena konvensi, Tampa Convention Center (Ade Astuti/VOA).

Kantor sementara VOA, Al-Hurra dan MartiTV di arena konvensi, Tampa Convention Center (Ade Astuti/VOA).

Google, Facebook dan Twitter memang memiliki ruang khusus dalam konvensi ini, sejajar dengan media-media tradisional besar lainnya seperti Voice of America, The New York Times, The Washington Post, atau kantor-kantor berita seperti Associated Press dan Reuters.

Kehadiran Google dan peran besar yang diberikan tampaknya tak terlepas dari upaya penyelenggara Konvensi Nasional Partai Republik untuk membuat “Convention Without Walls” atau “Konvensi Tanpa Dinding atau Pembatas”, yang tidak saja bisa dimanfaatkan oleh para delegasi, wartawan dan panitia tetapi juga warga dunia.

Menurut Melissa Sellers, Direktur Media Regional RNC sebagaimana disampaikannya kepada ABC, ini merupakan bagian dari upaya mendidik dan menyebarluaskan acara konvensi. Mereka yang tertarik berinteraksi langsung dalam acara-acara konvensi dapat menggunakan aplikasi “Convention Without Walls” atau menyaksikan video yang dipasang di www.youtube.com/politics.
XS
SM
MD
LG