Tautan-tautan Akses

Konvensi Partai Republik Sediakan 'Media Conference Call' bagi Wartawan


Ketua Komite Nasional Partai Republik Reince Priebus secara resmi membuka konvensi nasional Partai Republik di Tampa, Florida hari Senin (27/8).

Ketua Komite Nasional Partai Republik Reince Priebus secara resmi membuka konvensi nasional Partai Republik di Tampa, Florida hari Senin (27/8).

Untuk melayani 15.000 wartawan yang meliput konvensi nasional Partai Republik di Tampa, panitia konvensi menyediakan 'media conference call' untuk memudahkan komunikasi pihak penyelenggara dengan wartawan.

Sedikitnya 15.000 wartawan ikut meramaikan jalannya konvensi nasional Partai Republik di Tampa yang berlangsung mulai Senin (27/8) ini.

“Media Conference Call” atau konferensi pers melalui telepon adalah salah satu saluran efektif yang dapat dimanfaatkan oleh wartawan dan pihak penyelenggara konvensi partai Republik di Tampa, Florida untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru terkait konvensi seperti soal perubahan jadwal pembicara, masalah keamanan hingga akomodasi, maupun hal-hal lain yang terjadi di luar konvensi seperti soal badai isaac.

VOA mengikuti salah satu “media conference call” ini bersama sekitar 35 wartawan lain Minggu malam. Beberapa saat sebelum konferensi dimulai semua wartawan yang terakreditasi di meja panitia konvensi akan menerima email yang memberitahukan waktu konferensi pers melalui telepon itu dan siapa yang akan berbicara.


Media yang tertarik ikut diminta menghubungi sebuah nomor telepon untuk mendaftarkan diri dan menunggu hingga konferensi pers dimulai. “Media conference call” umumnya tidak berlangsung lama, hanya sekitar 15 menit, dan setiap media hanya diperkenankan mengajukan satu pertanyaan yang berbeda dengan yang sudah diajukan wartawan lain.

Konvensi Nasional Partai Republik 2012

- Berlangsung 27-30 Agustus di Tampa, Florida
- Mengumpulkan 2.286 delegasi dan 2.125 delegasi alternatif
- 15.000 anggota media meliput konvensi ini
- Diperkiran berdampak ekonomi 150-250 juta dolar
- Lebih dari 75.000 sukarelawan membantu jalannya konvensi
Mekanisme ini dinilai efektif mengingat tempat penyelenggaraan konvensi yang sangat luas dan dijaga ketat oleh aparat keamanan di setiap sudutnya, serta banyaknya wartawan yang meliput konvensi. Selain 2.286 delegasi dan 2.125 alternatif delegasi dari berbagai negara bagian, sekitar 7.500 sukarelawan ikut membantu penyelenggaraan acara ini. Ini belum termasuk 15 ribu wartawan dari berbagai media.

Media yang membawahi para wartawan ini mendirikan kantor perwakilan kecil lengkap dengan newsroom dan studio mini bagi wartawan mereka masing-masing. Tak ketinggalan VOA yang ikut mendirikan studio radio mini dan studio televisi untuk berhubungan melalui Skype, bagi wartawan dari 45 siaran VOA yang ikut meliput.
XS
SM
MD
LG