Tautan-tautan Akses

Mantan PM Portugal Terpilih Secara Tak Resmi sebagai Sekjen PBB


Mantan PM Portugal Antonio Guterres (foto: dok).

Mantan PM Portugal Antonio Guterres (foto: dok).

Mantan PM Portugal Antonio Guterres terpilih secara tidak resmi sebagai Sekretaris Jenderal PBB berikutnya.

Dukungan resmi bagi mantan Perdana Menteri Portugal Antonio Guterres diperkirakan akan disampaikan dalam beberapa hari mendatang.

Dalam pemungutan suara yang berlangsung sengit hari Rabu (5/10) di Dewan Keamanan PBB, mantan politisi dan diplomat itu mendapat dukungan 13 suara, 2 suara ‘’abstain’’ dan tidak ada yang menolak.

"Hari ini kita punya pilihan favorit dan namanya adalah Antonio Gutteres," ujar Duta Besar Rusia Untuk PBB Vitaly Churkin ketika mengumumkan hal tersebut dalam kapasitasnya sebagai presiden Dewan Keamanan. Di luar kebiasaan, ketika berbicara di depan mikrofon ia diapit oleh semua duta besar anggota dewan tersebut.

"Kami telah memutuskan akan melakukan pemungutan suara formal jam 10 pagi besok (6/10). Kami berharap hal itu bisa dicapai secara aklamasi’’, ujar Churkin.

Pemungutan suara tidak formal yang dilakukan hari Rabu cukup penting karena untuk pertama kalinya – lima anggota Dewan Keamanan yang memiliki hak veto – menggunakan surat suara berwarna untuk menunjukkan setuju atau tidak. Gutteres menerima lebih dari sembilan suara minimum yang diperlukan untuk bisa dicalonkan.

Dewan Keamanan akan melakukan pemungutan suara resmi hari Kamis (6/10) dan kemudian mengeluarkan keputusan dalam bentuk resolusi. Dewan ini kemudian akan mengirim rekomendasinya ke Majelis Umum PBB yang diperkirakan akan mengukuhkan Guterres. [em/ii]

XS
SM
MD
LG