Tautan-tautan Akses

Mantan Kepala Keamanan China Didakwa Korupsi


Zhou Yongkang saat menghadiri Kongres Partai Komunis China di Beijing, 14 November 2012 (Foto: dok/AP Photo/Lee Jin-man).

Zhou Yongkang saat menghadiri Kongres Partai Komunis China di Beijing, 14 November 2012 (Foto: dok/AP Photo/Lee Jin-man).

Zhou Yongkang (72 tahun), pernah memimpin perusahaan minyak “China National Petroleum Corporation” saat menduduki jabatan sebagai Komisi Utama Politburo Partai Komunis, badan pemerintah paling berkuasa di China.

Bekas kepala keamanan China dikenakan dakwaan, hari Jumat, dengan tuduhan melakukan tindakan penyuapan, penyalahgunaan kekuasan dan pembocoran rahasia negara. Menurut pihak berwenang, dia adalah pejabat paling senior yang didakwa dalam beberapa dasawarsa belakangan ini.

Zhou Yongkang, (72 tahun), pernah memimpin perusahaan minyak “China National Petroleum Corporation” dan memiliki kekuasaan besar dan kekayaan berlimpah, sewaktu dia melesat ke jajaran elit dan duduk dalam Komisi Utama Politburo Partai Komunis, badan pemerintah paling berkuasa di China.

Sebuah pernyataan di situs kantor kejaksaan utama China menyebutkan, tuduhan kejahatan yang ditujukan kepada Zhou adalah "penyalahgunaan harta rakyat."

Ditambahkan, kejahatannya itu telah sangat merugikan bangsa dan kepentingan masyarakat, serta memberi dampak sosial amat buruk. Tidak jelas bila pengadilan terhadap Zhou akan dimulai atau apakah akan dibuka untuk umum, menimbang terkaitnya rahasia negara dan sensitifnya kasus tersebut. Jika didapati bersalah, Zhou dapat dihukum mati atau dihukum seumur hidup.

XS
SM
MD
LG