Tautan-tautan Akses

Lebih 70 Negara Minta Informasi Pengguna Facebook


Laporan Facebook hari Selasa (27/8) menunjukkan penegak hukum di lebih dari 70 negara menuntut data mengenai sekitar 38.000 pengguna (foto: ilustrasi).

Jejaring media sosial raksasa Facebook mengatakan agen-agen dari lebih 70 negara meminta informasi mengenai puluhan ribu pengguna Facebook pada paruh pertama tahun ini.

Laporan Facebook hari Selasa (27/8) menunjukkan badan-badan penegak hukum menuntut data mengenai sekitar 38.000 pengguna, kira-kira separuh permintaan itu berasal dari pihak berwenang Amerika.

Facebook mengatakan laporannya mencakup setiap permintaan pemerintah untuk data pengguna antara 1 Januari hingga 30 Juni.

Media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter bisa menjadi sarana perencanaan bagi aktivis sehingga situs-situs itu menjadi target pemerintah.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut media sosial “ancaman terburuk bagi masyarakat” ketika terjadi gelombang protes anti-pemerintah di negara itu awal tahun ini.

Microsoft dan Google juga telah merilis data seberapa sering pemerintah meminta informasi mengenai pengguna layanan perusahaan mereka.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG