Tautan-tautan Akses

Lakers Klub NBA Paling Bernilai Versi Majalah Forbes


Pemain Los Angeles Lakers Kobe Bryant merayakan skornya atas San Antonio Spurs, Desember 2014.

Pemain Los Angeles Lakers Kobe Bryant merayakan skornya atas San Antonio Spurs, Desember 2014.

Nilai Lakers melonjak 93 persen dari US$634 juta tahun lalu menjadi $2,6 miliar tahun ini, terutama karena kontrak NBA dengan media.

Los Angeles Lakers menggantikan New York Knicks sebagai tim NBA paling bernilai, dengan US$2,6 miliar, menurut jajak pendapat majalah Forbes yang dirilis Rabu (21/21), yang menunjukkan nilai rata-rata tim melonjak 74 persen dari tahun lalu.

Nilai rata-rata tim asosiasi bola basket nasional AS itu naik $1,1 miliar dari $634 juta tahun lalu, lonjakan yang menurut Forbes dipicu terutama oleh penandatanganan kontrak-kontrak media nasional yang lebih luas antara NBA dan mitra penyiaran Walt Disney Co dan Time Warner Inc.

Sekarang ini ada 11 tim NBA yang bernilai sedikitnya $1 miliar, naik dari hanya tiga tahun lalu, menurut Forbes dalam pernyataan tertulis.

Kenaikan luar biasa dalam nilai rata-rata tim adalah yang terbesar dalam satu tahun sejak Forbes mulai melacak valuasi tim dalam liga-liga olahraga terbesar di AS pada 1998.

Oktober lalu, NBA menyetujui kontrak senilai lebih dari $20 miliar untuk beberapa tahun dengan Disney dan Time Warner yang jauh lebih besar dari kontrak sebelumnya.

Nilai Lakers melesat 93 persen dari tahun lalu sementara Knicks, yang ada di posisi teratas dalam dua tahun terakhir, ada di peringkat kedua dengan nilai $2,5 miliar, naik 79 persen dari tahun lalu.

Untuk daftar selengkapnya lihat forbes.com/nba.

XS
SM
MD
LG