Tautan-tautan Akses

KTT G7 di Jerman Berakhir


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam konferensi pers KTT G7 di Garmisch-Partenkirchen, Jerman selatan (8/6). (AP/Carolyn Kaster)

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam konferensi pers KTT G7 di Garmisch-Partenkirchen, Jerman selatan (8/6). (AP/Carolyn Kaster)

Kelompok ini akan memperkuat sanksi ekonomi terhadap Rusia jika Moskow tidak melaksanakan gencatan senjata sepenuhnya untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina timur.

Kelompok tujuh negara industri terkemuka memperingatkan Rusia, Senin (8/6), bahwa mereka akan memperkuat sanksi ekonomi terhadapnya jika Moskow tidak melaksanakan gencatan senjata sepenuhnya untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina timur antara pasukan pemberontak pro-Rusia dan Kyiv.

Presiden AS Barack Obama mengatakan ada kesepakatan yang kuat untuk terus mengenakan tekanan terhadap Rusia atas keterlibatannya dalam konflik Ukraina dan pencaplokan semenanjung Krimea Ukraina oleh Rusia tahun lalu.

Obama mengatakan pertanyaan bagi Presiden Rusia Vladimir Putin adalah apakah ia ingin terus “meruntuhkan ekonomi negaranya dengan keinginan yang keliru untuk menciptakan kembali kejayaan Uni Soviet dengan terus mendukung pemberontak pro-Rusia, atau “menghormati” kedaulatan Ukraina.

Tindakan Rusia di Ukraina menyakiti Rusia dan menyakiti rakyat Rusia, kata Obama dalam jumpa pers ketika KTT G7 di Alpen Bavaria Jerman berakhir.

XS
SM
MD
LG