Tautan-tautan Akses

Korea Utara Terus Luncurkan Rudal di tengah Latihan Militer AS-Korea Selatan


Foto yang dirilis oleh kantor berita Korea Utara KCNA pada 10 Maret 2023 menunjukkan pemandangan dari uji coba senjata yang dilakukan militer Korea Utara di lokasi yang tidak disebutkan. (Foto: KCNA via Reuters)
Foto yang dirilis oleh kantor berita Korea Utara KCNA pada 10 Maret 2023 menunjukkan pemandangan dari uji coba senjata yang dilakukan militer Korea Utara di lokasi yang tidak disebutkan. (Foto: KCNA via Reuters)

Korea Utara melakukan peluncuran rudal balistik pada Selasa (14/3), kata militer Korea Selatan. Peluncuran tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian uji coba senjata yang dilakukan Korea Utara dan merupakan bentuk kecaman atas latihan militer gabungan Amerika Serikat-Korea Selatan yang dimulai pada minggu ini.

Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut lepas pantai timurnya antara pukul 07.41 dan 07.51 waktu setempat, menurut peringatan dari Kepala Staf Gabungan Korsel. Tidak ada rincian lebih lanjut, termasuk jenis dan jangkauan tepat dari kedua rudal tersebut.

Korea Utara biasanya tidak memberikan rincian tentang uji senjatanya sampai keesokan harinya lewat media pemerintah.

Peluncuran itu terjadi sehari setelah Korea Utara mengatakan berhasil menembakkan dua "rudal jelajah strategis" dari kapal selam miliknya – pertama kali klaim prestasi seperti itu diumumkan. Peluncuran tersebut, kata media pemerintah, menunjukkan kemampuan Korea Utara untuk menanggapi dengan "kekuatan yang luar biasa" terhadap "pasukan imperialis AS dan pasukan boneka Korea Selatan."

Selama setahun terakhir, Korea Utara telah meluncurkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk beberapa yang telah memicu peringatan perlindungan atau alarm serangan udara di Korea Selatan dan Jepang.

Amerika Serikat dan Korea Selatan telah merespons dengan meningkatkan latihan militer bersama. Pada hari Senin (13/3), kedua negara memulai latihan besar selama 11 hari, termasuk latihan lapangan terbesar dalam lima tahun.

Pada pengarahan hari Senin, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price secara langsung menghubungkan latihan yang diperluas itu dengan meningkatnya provokasi oleh Korea Utara, atau yang dikenal dengan nama resmi Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK).

"Sayangnya, DPRK telah menempatkan kami pada posisi di mana kami harus memperkuat, dengan cara yang nyata, komitmen keamanan yang kami miliki," kata Price.

Menurut Kantor Berita Pusat Korea, pertemuan Komisi Militer Pusat membahas bagaimana mengatasi "situasi saat ini di mana provokasi perang AS dan Korea Selatan mencapai garis merah." [lt/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG