Tautan-tautan Akses

AS

Konsulat Jenderal AS di Surabaya Rayakan HUT ke-150

  • Petrus Riski

Dubes AS untuk Indonesia Robert O. Blake (tengah) bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) dan Konsul Jenderal AS di Surabaya, Heather Variava, pada perayaan HUT ke-150 Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan perayaan 240 tahun Kemerdekaan AS, 27 Mei 2016 (Foto: VOA/ Petrus)

Dubes AS untuk Indonesia Robert O. Blake (tengah) bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) dan Konsul Jenderal AS di Surabaya, Heather Variava, pada perayaan HUT ke-150 Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan perayaan 240 tahun Kemerdekaan AS, 27 Mei 2016 (Foto: VOA/ Petrus)

Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya merayakan HUT ke-150 perwakilan AS di Indonesia sekaligus memperingati kemerdekaan Amerika Serikat yang akan memasuki tahun ke-240, 4 Juli 2016 mandatang.

Duta Besar Amerika Serikat Robert. O Blake hadir dalam perayaan kali ini, yang berharap hubungan kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat semakin erat dan berkembang ke arah yang semakin baik.

Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Heather Variava, menyambut gembira perayaan ulang tahun hadirnya Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, sebagai tanda terjalinnya hubungan antara Amerika Serikat dengan Indonesia Timur.

“150 tahun yang lalu, Amerika Serikat memutuskan bahwa Indonesia Timur merupakan daerah yang sangat penting untuk Amerika Serikat, untuk bidang ekonomi, pendidikan, dan lain-lainnya. Dan buka Konsulat waktu itu, dan kami sangat senang tahun ini untuk merayakan ulang tahun yang sangat penting seperti ini,” kata Heather Variava, Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake yang hadir dalam perayaan kali ini menegaskan kembali hubungan yang semakin erat antara Indonesia dan Amerika Serikat, terlebih setelah Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Barrack Obama di Amerika Serikat pada Oktober tahun lalu.

Robert O. Blake meyakini kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat akan memasuki tahap yang lebih maju, terutama dalam bidang ekonomi digital.

“Dalam waktu dekat perjanjian khusus belum ada, tapi kita banyak bekerja di area-area baru di bidang kerjasama, salah satunya ekonomi digital. Saat ini ekonomi digital angkanya di sekitar satu persen di Indonesia, tapi banyak yang percaya ini bisa ditingkatkan sampai lima persen atau lebih. Nanti kalau pemerintah sudah lebih mengembangkan kapasitas broadband di berbagai daerah, akan banyak sekali aplikasi-aplikasi dan kesempatan ekonomi, seiring dengan tumbuhnya broadband itu,” kata Robert O. Blake, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai, hubungan kerjasama Amerika Serikat dengan Jawa Timur secara khusus, telah memasuki tahap yang lebih maju. Terlebih dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara pengusaha Jawa Timur dengan 20 pengusaha Amerika Serikat pada tahun ini.

“Saya kira hubungan yang semakin erat, terutama Jawa Timur, kemarin ada 22 pengusaha, dan 20 pengusaha kemudian saling membuat MOU di dalam trade, tourism and investment. Saya kira ini satu hal yang sangat penning, karena itu menyangkut satu trust, kepercayaan di sini, investsasi, dagang, tourism, menjadi sangat baik,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur.

Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Heather Variava berharap, kerjasama antar kedua negara khususnya di wilayah timur Indonesia dapat semakin ditingkatkan, terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi dan maritim.

“Di masa depan kami ingin bahwa persahabatan yang sangat erat, terus menerus dan sangat hangat sampai sekarang, akan ada banyak kesempatan di dalam bidang pendidikan, kerjasama ekonomi, dan lainnya, dan juga lingkungan, dan lingkungan maritim Indonesia timur,” lanjut Konjen AS di Surabaya, Heather Variava. [pr/gp]

XS
SM
MD
LG