Tautan-tautan Akses

Menlu AS dan Iran Ikuti Perundingan Nuklir di Jenewa


Menteri Luar Negeri AS John Kerry, di London, 21 Februari 2015.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry, di London, 21 Februari 2015.

Menteri Luar Negeri Iran dan Amerika bertemu di Swiss hari Minggu (22/2), dalam upaya mencapai kesepakatan mengenai program nuklir Iran sebelum tenggat tanggal 31 Maret.

Menlu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengikuti pembicaraan tentang program nuklir Iran yang telah dimulai di Jenewa, Swiss hari Minggu (22/2).

Kerry mengirim gambar melalui Twitter tentang pertemuannya dengan Zarif tersebut. Kedua Menlu itu mengikuti perundingan yang sedang berlangsung di Jenewa antara Ketua Organisasi Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi dan Menteri Energi Amerika Ernest Moniz.

Putaran perundingan antara diplomat-diplomat tinggi dan pejabat-pejabat urusan energi Iran dan Amerika itu bertujuan guna membantu menyelesaikan perselisihan teknis yang menghalangi upaya tercapainya perjanjian antara Iran dan keenam negara adidaya yang dikenal sebagai P5+1.

Suatu perjanjian antara Iran dan kelompok yang terdiri dari Amerika, Inggris, Tiongkok, Perancis, Jerman dan Rusia itu akan membatasi kegiatan nuklir Iran dengan imbalan pelonggaran sanksi-sanksi.

Kerry, yang bertemu menteri Luar Negeri Inggris di London pada hari Sabtu (21/2), mengatakan, P5+1 masih bersatu sikap mengenai Iran.

“Tidak ada perbedaan apapun dalam apa yang kami yakini perlu bagi Iran untuk membuktikan bahwa program nuklirnya akan bersifat damai pada masa mendatang,” ujarnya.

XS
SM
MD
LG