Tautan-tautan Akses

Kerry: Amerika Gembira dengan Dukungan bagi Supremasi Hukum di Laut China Selatan


Menlu AS John Kerry berbicara kepada pers di pertemuan ASEAN di Vientaine, Laos hari Selasa (26/7).

Menlu AS John Kerry berbicara kepada pers di pertemuan ASEAN di Vientaine, Laos hari Selasa (26/7).

Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan Amerika Serikat merasa gembira dengan pernyataan dari banyak anggota komunitas internasional, termasuk negara-negara di Asia Tenggara, yang telah menyatakan dukungan bagi supremasi hukum dan penyelesaian secara damai atas sengketa maritim di Laut China Selatan.

Berbicara pada akhir forum regional ASEAN atau ARF di Laos hari Selasa (26/7), Kerry mengatakan telah melakukan diskusi terus terang dan konstruktif, termasuk pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi hari Senin, tentang “jalan maju” mengingat keputusan Mahkamah Arbitrase yang tidak mengakui klaim luas China di laut itu.

China telah menolak putusan mahkamah itu dan mengatakan tidak memiliki kewenangan untuk menanggapi kasus yang diajukan oleh Filipina tersebut.

Selama berada di ibukota Laos, Kerry juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida, dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, untuk pertemuan tingkat menteri keenam yang disebut Dialog Strategis Trilateral (TSD).

Ketiga tokoh itu mendesak semua pihak agar menghormati kebebasan navigasi dan penerbangan di Asia-Pasifik dan Samudra Hindia, sementara menyatakan penolakan keras terhadap setiap tindakan koersif sepihak yang bisa mengubah status quo dan meningkatkan ketegangan. [lt]

XS
SM
MD
LG