Tautan-tautan Akses

Pasukan Kenya Selamatkan Sebagian Besar Sandera


Petugas keamanan dan wartawan berlindung di belakang sebuah mobil, setelah terjadi baku tembak di komplek 'Westgate Mall' di Nairobi Kenya (23/9).

Petugas keamanan dan wartawan berlindung di belakang sebuah mobil, setelah terjadi baku tembak di komplek 'Westgate Mall' di Nairobi Kenya (23/9).

Pasukan Kenya mulai menyerbu pusat perbalanjaan 'Westgate Mall' hari Minggu (22/9) malam untuk menyelamatkan warga yang bersembunyi atau disandera penyerang.

Kenya mengatakan hanya sedikit sandera yang masih berada di dalam pusat perbelanjaan Nairobi yang diserbu militan Islam pada hari Sabtu. Puluhan orang tewas dalam serangan itu.

Kelompok teroris al-Shabab mengaku bertanggungjawab dan mengatakan serangan itu adalah pembalasan atas intervensi militer Kenya di Somalia.

Pasukan Kenya mulai menyerang Westgate Mall Minggu malam untuk menyelamatkan orang-oang yang bersembunyi atau disandera para penyerang bersenjata itu.

Menteri Dalam Negeri Joseph Ole Lenku dalam konferensi pers Senin mengatakan pasukan Kenya sekarang menguasai setiap lantai gedung mal itu dan telah menyelamatkan sebagian besar sandera yang tersisa. Katanya dua penyerang tewas dan 10 anggota pasukan keamanan cedera dalam operasi militer yang sedang berlangsung itu.

Lenku berbicara sekitar 90 menit setelah saksi mendengar beberapa ledakan besar dari pusat perbelanjaan itu, diikuti suara tembakan. Asap hitam terus membubung dari Westgate Mall setelah ledakan. Kata Lenku, militan membakar beberapa kasur untuk mengalihkan perhatian.

Dia mengatakan 62 orang telah tewas sejak serangan dimulai pada hari Sabtu. Palang Merah Kenya menyebut korban tewas 69 orang, dengan 175 orang lainnya cedera dan setidaknya 65 orang terdaftar sebagai hilang.
XS
SM
MD
LG