Tautan-tautan Akses

Kennedy Center Washington DC Umumkan Penerima Penghargaan 2012


Aktor peraih Oscar, Dustin Hoffman, termasuk di antara tujuh orang yang akan menerima penghargaan dari Kennedy Center tahun ini (foto: dok).

Aktor peraih Oscar, Dustin Hoffman, termasuk di antara tujuh orang yang akan menerima penghargaan dari Kennedy Center tahun ini (foto: dok).

Pusat pentas seni bergengsi, Kennedy Center, di Washington DC mengumumkan tujuh orang yang akan menerima penghargaan seni tahun 2012, termasuk aktor terkenal Dustin Hoffman.

Aktor peraih Oscar Dustin Hoffman, komedian pembawa acara di televisi David Letterman serta musisi musik blues Chicago Buddy Guy termasuk di antara tujuh orang yang akan menerima penghargaan dari Kennedy Center.

Ketiga orang tersebut, bersama dengan balerina kelahiran Rusia Natalia Makarova dan tiga anggota kelompok band rock Inggris Led Zeppelin – yakni pemain keyboard dan basis John Paul Jones, gitaris Jimmy Page dan penyanyi Robert Plant – akan dianugerahi penghargaan oleh John F Kennedy Center for Performing Arts di Washington, atas sumbangsih mereka bagi kebudayaan Amerika melalui kesenian.

Penghargaan itu akan diserahkan dalam suatu pesta besar yang dihadiri para bintang di Kennedy Center pada 2 Desember, yang akan ditayangkan televisi secara nasional bulan itu juga.

Ketujuh penerima penghargaan itu akan diundang Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dalam jamuan makan malam mewah di Departemen Luar Negeri, disusul dengan acara resepsi di Gedung Putih yang diselenggarakan Presiden Barack Obama.

Hoffman meraih Oscar berkat perannya dalam film Kramer vs. Kramer dan Rain Man, serta telah tampil dalam berbagai film klasik Hollywood lainnya seperti All the President's Men, The Graduate dan Tootsie. Letterman, yang telah lama membawakan acara bincang-bincang larut malam, disebut Kennedy Center sebagai “salah seorang paling berpengaruh” dalam sejarah televisi.

Guy yang berusia 76 tahun dipuji Kennedy Center karena memberi pengaruh sangat besar bagi para gitaris selama setengah abad ini. Makarova, yang meninggalkan negara asalnya Rusia pada tahun 1970 dan tampil perdana dengan kelompok legendaris American Ballet Theater pada tahun itu juga, memarakkan panggung kelompok-kelompok balet terhebat dunia semasa ia berkarier.

Kennedy Center juga menyebut Jones, Page dan Plant mengubah musik rock-and-roll dengan lirik-lirik dan struktur lagu mereka yang inovatif.
XS
SM
MD
LG