Tautan-tautan Akses

Kasus Pembunuhan 'Mississippi Burning' Ditutup Setelah 52 Tahun


Patung James Meredith, mahasiswa pertama keturunan Afrika-Amerika yang mendaftar di the University of Mississippi tahun 1962.

Patung James Meredith, mahasiswa pertama keturunan Afrika-Amerika yang mendaftar di the University of Mississippi tahun 1962.

Setelah 52 tahun, akhirnya kasus penyelidikan atas pembunuhan tiga orang aktivis muda di negara bagian Mississippi dinyatakan selesai. Jaksa Agung Mississippi, Jim Hood menyatakan keyakinannya bahwa para penyelidik telah berusaha semaksimal mungkin untuk mencari pihak yang bertanggung jawab.

Penyelidikan atas pembunuhan tiga orang aktivis muda yang berusaha mendaftar calon pemilih warga kulit hitam di negara bagian Mississippi dinyatakan selesai setelah 52 tahun.

"Saya yakin bahwa para penyelidik telah melakukan semua yang mungkin untuk mencari orang-orang yang bertanggung-jawab atas pembunuhan ini,” kata Jaksa Agung negara bagian Mississippi Jim Hood.

Pembunuhan James Chaney, 21 tahun, Andrew Goodman, 20 tahun dan Michael Schwermer, 24 tahun, menggoncang Amerika ketika perjuangan hak-hak sipil dibawah pimpinan Martin Luther King sedang memanas. Peristiwa itu kemudian dijadikan film oleh sutradara Alan Parker tahun 1988, yang berjudul “Mississippi Burning.”

Departemen Kehakiman Amerika pada masa itu sadar tidak akan bisa menjatuhkan hukuman mati karena para pejabat negara bagian Mississippi sangat anti-kulit hitam dan semua anggota juri warga kulit putih, dan karenanya hanya menuntut delapan orang tersangka yang dijatuhi hukuman kurang dari enam tahun atas tuduhan pelanggaran HAM.

Empat puluh tahun kemudian, pada tahun 2005, Jaksa Agung Hood dan jaksa setempat berhasil meyakinkan pengadilan supaya seorang bekas anggota Ku Klux Klan atau KKK Edgar Ray Killen dijatuhi hukuman atas tuduhan pembunuhan yang tidak disengaja. Killen saat ini masih menjalani hukuman penjara 60 tahun.

Pada malam ketiga aktivis muda itu hilang, polisi lokal yang katanya telah disusupi anggota KKK menangkap mereka atas tuduhan yang dibuat-buat. Ketiganya dibebaskan malam itu juga, tapi mereka kemudian dibunuh tidak jauh dari batas kota oleh sejumlah anggota KKK, dan mayat mereka baru ditemukan 44 hari kemudian di tanah milik seorang anggota Ku Klux Klan. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG