Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Hubungan Antar-Ras Lebih Baik, Tapi Banyak yang Harus Dilakukan


Presiden AS Barack Obama memberikan pidato acara kelulusan kepada angkatan 2016 Howard University di Washington (7/5). (AP/Susan Walsh)

Presiden AS Barack Obama memberikan pidato acara kelulusan kepada angkatan 2016 Howard University di Washington (7/5). (AP/Susan Walsh)

Presiden kulit hitam pertama AS itu mengatakan rasisme dan ketidaksetaraan masih ada, katanya sambil mencatat perbedaan dalam hal pengangguran, upah dan sistem pengadilan kriminal.

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato wisuda yang menggugah Sabtu (7/5) di Universitas Howard yang sejak dulu didominasi mahasiswa kulit hitam.

Dia mengatakan kepada para lulusan bahwa hubungan antar-ras telah membaik dalam tiga dasawarsa terakhir tetapi masih banyak yang harus dilakukan.

“Amerika dalam segala hal lebih baik dibandingkan waktu saya baru lulus kuliah,” kata Obama kepada Angkatan 2016, merujuk pada tahun 1983.

Namun presiden kulit hitam pertama AS itu mengatakan rasisme dan ketidaksetaraan masih ada, katanya sambil mencatat perbedaan dalam hal tingkat pengangguran, upah dan sistem pengadilan kriminal.

Dia juga mengatakan kepada para lulusan di Washington itu bahwa apabila mereka menghendaki perubahan, mereka harus berpartisipasi aktif dalam sistem demokrasi.

Obama juga diberikan gelar kehormatan Doctor of Science dalam upacara wisuda itu. [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG