Tautan-tautan Akses

Karzai Adakan Pembicaraan Dengan Faksi Pemberontak


Presiden Afghanista Hamid Karzai

Presiden Afghanista Hamid Karzai

Presiden Karzai bertemu dengan seorang anggota senior Hezb-e-Islami, faksi militan pimpinan Gulbuddin Hekmatyar.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai melakukan pembicaraan dengan salah satu kelompok pemberontak utama yang memerangi pemerintahnya dan pasukan asing.

Kantor Presiden Hamid Karzai hari Senin mengatakan Karzai di Kabul bertemu dengan seorang anggota senior Hezb-e-Islami, faksi militan pimpinan panglima perang kawakan dan broker politik Gulbuddin Hekmatyar.

Jurubicara Hezb-e-Islami Haroun Zarghoun mengatakan pihaknya mengajukan 15 butir rencana perdamaian yang mencakup tuntutan penarikan mundur pasukan internasional secara bertahap dalam enam bulan dimulai bulan Juli. Kelompok itu juga minta pemerintahan Afghanistan yang sekarang hanya berjalan enam bulan sesudah itu dibubarkan untuk pemilihan umum yang baru tahun depan.

Jurubicara presiden Karzai menolak berkomentar tentang rencana perdamaian itu namun mengatakan Karzai sedang mempelajarinya.

Juru bicara Hezb-e-Islami juga mengatakan kelompoknya berencana mengadakan pembicaraan dengan pejabat-pejabat Amerika di Kabul. Namun jurubicara Kedutaan Amerika di Kabul mengatakan tidak ada rencana bertemu dengan kelompok itu.

XS
SM
MD
LG