Tautan-tautan Akses

DK PBB Perpanjang Mandat Misi Internasional di Afghanistan


DK hari Senin menyetujui resolusi yang juga memperluas mandat misi tersebut sehingga mencakup bantuan bagi pemilu di Afghanistan.

Dewan Keamanan PBB secara aklamasi memperpanjang misi PBB di Afganistan setahun lagi.

Dewan Keamanan hari Senin menyetujui sebuah resolusi yang juga memperluas mandat misi tersebut sehingga mencakup bantuan untuk pemilu parlemen di Afghanistan bulan September.

Resolusi itu memuji usaha pemerintah Afghanistan mengadakan dialog dengan para pejuang Taliban yang bersedia mengakhiri kekerasan dan memutuskan hubungan dengan Al Qaida serta menerima konstitusi Afghanistan.

Namun dalam sebuah pernyataannya, Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengatakan meskipun Dewan Keamanan mendukung proses rekonsiliasi, namun hendaknya itu tidak bertentangan dengan sanksi-sanksi Dewan terhadap Taliban.

Tambahnya, Dewan Keamanan prihatin dengan laporan-laporan media baru- baru ini bahwa pasukan pimpinan NATO membatalkan rencana menghancurkan ladang-ladang candu Afghanistan. Ia menegaskan
perdagangan narkoba dan keuntungannya mewakili ancaman serius dan langsung terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

XS
SM
MD
LG