Tautan-tautan Akses

AS

Kandidat Pejabat Deplu AS Dukung Pemberian Senjata untuk Ukraina


Wakil Penasihat Keamanan Nasional Tony Blinken di Gedung Putih, Washington.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Tony Blinken di Gedung Putih, Washington.

Tony Blinken mengatakan mempersenjatai militer Ukraina dapat memaksa Rusia memikirkan kembali perannya dalam pemberontakan pro-Rusia yang melanda Ukraina timur.

Calon yang diajukan oleh Presiden AS Barack Obama untuk mengisi jabatan nomor dua di Departemen Luar Negeri mengatakan Gedung Putih sebaiknya mempertimbangkan penyediaan senjata dan peralatan pertahanan militer bagi Ukraina.

Dalam kesaksiannya Rabu (19/11) di hadapan Komisi Hubungan Luar Negeri Senat, Tony Blinken mengatakan bahwa mempersenjatai militer Ukraina dapat memaksa Rusia memikirkan kembali perannya dalam pemberontakan pro-Rusia yang melanda Ukraina timur.

Kedua majelis Kongres telah menyuarakan dukungan pada bantuan demikian, tetapi pemerintahan Obama sejauh tini idak menyediakan peralatan persenjataan.

Pemerintah Kyiv dan beberapa negara Barat telah menuduh Moskow memberi bantuan langsung, termasuk kendaraan lapis baja dan peralatan militer lainnya, kepada separatis.

NATO juga telah menuduh Moskow – yang mencaplok Semenanjung Krimea Ukraina sebelumnya tahun ini – mengirim lebih banyak tank dan pasukan ke Ukraina timur dalam dua miggu terakhir.

XS
SM
MD
LG