Tautan-tautan Akses

Inggris: Kelompok ISIS Tetap akan Miliki Pemimpin Baru


Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi diduga tewas atau luka parah dalam serang udara AS Jumat malam (7/11).

Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi diduga tewas atau luka parah dalam serang udara AS Jumat malam (7/11).

Menhan Inggris Nick Houghton mengatakan belum dapat memastikan apakah serangan udara AS Jumat malam menewaskan pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi.

Pejabat senior militer Inggris memperingatkan kelompok militan ISIS akan mempunyai komandan-komandan baru, kalaupun serangan udara Amerika di Irak menewaskan pemimpin-pemimpin tinggi kelompok itu.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi BBC hari Minggu, Menteri Pertahanan Inggris Nick Houghton mengatakan belum dapat memastikan apakah serangan udara Amerika Jumat malam di dekat Mosul terhadpa konvoi kendaraan ISIS telah menewaskan pemimpin mereka – Abu Bakar Al Baghdadi.

Namun, Houghton mengatakan kalau pun Baghdadi tewas, ia tidak akan terburu-buru menyimpulkan bahwa hal itu akan mengakibatkan kemunduran bagi kelompok itu.

Irak mengatakan masih menyelidiki apakah pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi ada di dalam konvoi itu dan mungkin cedera atau tewas dalam serangan udara tersebut.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi CBS, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan serangan udara “sudah cukup efektif untuk memperlemah” kemampuan para jihadis dan memperlambat kemajuan mereka.

Obama menambahkan pengiriman 1.500 pasukan tambahan Amerika untuk melatih militer Irak menandai “tahap baru” dalam perang melawan kelompok ISIS. Obama mengatakan peningkatkan pasukan Amerika itu akan membantu Irak melakukan “perlawanan” tetapi ia mengulangi sikapnya bahwa pasukan Amerika tidak akan terlibat dalam pertempuran di darat.

XS
SM
MD
LG