Tautan-tautan Akses

Kelompok Pengamat Mengatakan Pesawat Militer Suriah Tewaskan 21 Orang


Sebuah ledakan akibat serangan udara tampak di tengah kota Kobani, 9 November 2014. Foto diambil dari negara Turki di perbatasan Turki dan Suriah.

Sebuah ledakan akibat serangan udara tampak di tengah kota Kobani, 9 November 2014. Foto diambil dari negara Turki di perbatasan Turki dan Suriah.

Kelompok pengamat yang berbasis di Inggris mengatakan Suriah telah melancarkan serangan udara di sebuah kota di Suriah utara yang menewaskan 21 orang dan mencederai 100 orang lebih.

Pengamat HAM Suriah mengatakan pesawat militer Suriah menjatuhkan bom.

Hari Sabtu di kota al-Bab, Suriah utara, kubu pertahanan ISIS, kelompok Jihad yang merebut kekuasaan di banyak wilayah Suriah dan Irak.

Bom-bom tersebut tidak canggih tapi bom buatan yang terdiri dari bahan peledak yang dikemas dalam kaleng atau drum minyak dipenuhi bahan bakar dan pecahan-pecahan logam. Tanpa sistim pengarah, bom itu membunuh secara membabi buta karena dijatuhkan dari helikopter ketika melewati yang diduga posisi pemberontak.

Sejak dimulainya serangan-serangan Amerika terhadap ISIS baik di Suriah maupun di Irak, para komandan pemberontak telah memperingatkan bahwa pemerintah Preside Suriah Bashar al-Assad akan menganggap campur tangan Amerika sebagai ijin untuk meningkatkan kekejaman terhadap para penantangnya.

Kelompok Pengamat HAM Suriah mendesak PBB untuk membawa serangan udara Assad itu ke Mahkamah kejahatan Internasional untuk menyelidiki kemungkinan terjadinya kejahatan terhadap kemanusiaan.

XS
SM
MD
LG