Tautan-tautan Akses

Jepang Setujui Anggaran Tambahan untuk Rekonstruksi


Petugas memeriksa alat pengukur tingkat radiasi di sekitar PLTN Fukushima.

Petugas memeriksa alat pengukur tingkat radiasi di sekitar PLTN Fukushima.

Hari ini Jepang juga memberlakukan UU larangan memasuki zona terlarang dalam jarak 20 kilometer dari pembangkit nuklir Fukushima.

Kabinet Jepang telah menyetujui 49 milyar dolar anggaran tambahan untuk pembangunan kembali setelah gempabumi dan tsunami dahsyat bulan lalu.

Pemerintahan Perdana Menteri Naoto Kan menyetujui rancangan itu hari Jumat. Pemerintah diperkirakan akan mengajukan rancangan itu kepada Parlemen Kamis depan dan berharap rancangan itu akan menjadi undang-undang sebelum tanggal 2 Mei.

Sementara itu, sebuah undang-undang mulai berlaku hari Jumat atau hari ini yang melarang siapa saja memasuki zona terlarang dalam jarak 20 kilometer dari pembangkit nuklir Fukushima. Tsunami merusak sarana itu dan menyebabkannya membocorkan radiasi yang berbahaya.

Penduduk yang bergegas mengungsi dari daerah itu setelah bencana 11 Maret telah kembali ke rumah mereka, walaupun ada peringatan resmi agar menjauhi zona itu.

Penduduk diancam hukuman 30 hari penjara dan denda 1.200 dolar kalau memasuki zona itu. Pejabat pemerintah mengatakan langkah tersebut diperlukan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan kira-kira 70 ribu orang penduduk daerah tersebut.

Dalam konsesi kepada penduduk, pemerintah mengumumkan akan mengatur kunjungan naik bus ke daerah terlarang itu. Seorang anggota keluarga yang mengenakan pakaian pelindung akan diizinkan memasukinya. Para pejabat mengatakan rincian rencana itu dapat diumumkan hari Jumat.

XS
SM
MD
LG