Tautan-tautan Akses

Jepang Hadapi Pengetatan Pasokan Listrik


Lampu-lampu neon toko-toko elektronik di distrik Akihabara di Tokyo dimatikan untuk menghemat energi pada 2011. (Foto: Dok)

Lampu-lampu neon toko-toko elektronik di distrik Akihabara di Tokyo dimatikan untuk menghemat energi pada 2011. (Foto: Dok)

Perusahaan-perusahaan listrik Jepang telah kesulitan menyediakan pasokan stabil menyusul penutupan pembangkit-pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pasokan listrik Jepang akan mengetat musim panas ini jika semua reaktor nuklir tetap ditutup, meski pemadaman listrik diperkirakan tidak terjadi sepanjang tidak ada masalah pada pembangkit listrik tenaga panas bumi yang sekarang menjadi salah satu pemasok listrik terbesar negara itu.

Secara keseluruhan, sembilan perusahaan listrik lokal yang memegang monopoli akan mendapat surplus pasokan 4,6 persen pada Agustus, sedikit di atas persyaratan minimum 3 persen, jika reaktor-reaktor nuklir tetap ditutup karena pemeriksaan keamanan yang berlangsung lama, menurut Kementerian Perdagangan, Kamis (17/4).

Perusahaan-perusahaan listrik Jepang telah kesulitan menyediakan pasokan stabil meski ada upaya untuk memaksimalkan hasil dari pembangkit-pembangkit listrik berbahan bakar minyak fosil dan pembangunan unit-unit berbahan gas dan batu bara. Bencana Fukushima pada 11 Maret mendorong penutupan reaktor dalam waktu lama dan pemeriksaan keselamatan yang menyeluruh dan lama.

Perusahaan listrik di Jepang barat yang bergantung pada energi nuklir sampai setengah pasokan mereka terpukul paling keras. Sejauh ini mereka dapat bertahan, namun ada situasi yang genting jika pembangkit listrik berbahan bakar minyak fosil bermasalah, menurut Kyushu Electric. (Reuters)
XS
SM
MD
LG