Tautan-tautan Akses

Jenderal AS: Taliban di Afghanistan Hadapi Perpecahan Besar


Jenderal Angkatan Darat AS, Wilson Shoffner, di Kabul, Afghanistan.

Jenderal Angkatan Darat AS, Wilson Shoffner, di Kabul, Afghanistan.

Perpecahan itu "bisa memberi peluang rekonsiliasi" dengan pemerintah Afghanistan, atau mungkin memberi kesempatan kepada pejuang ISIS-Khorasan mencoba menyusup kelompok Taliban lain.

Jenderal Amerika Serikat Wilson Shoffner mengatakan hari Kamis (10/3) di Kabul bahwa Taliban terpecah di provinsi Helmand Afghanistan, yang dikenal sebagai kubu kelompok tersebut.

Dalam percakapan telepon kepada wartawan, Shoffner mengatakan, AS melihat "munculnya Taliban yang terpecah dalam tiga kelompok" di Helmand utara, dan bahwa ketiga faksi umumnya tidak setia kepada pemimpin Taliban Afghanistan Mullah Akhtar Mohammad Mansour.

Perpecahan dalam beberapa bulan terakhir itu "bisa memberi peluang rekonsiliasi" dengan pemerintah Afghanistan, ujar Shoffner, atau mungkin memberi kesempatan kepada pejuang ISIS-Khorasan mencoba menyusup kelompok Taliban lain.

Negara Islam (ISIS) telah menjadikan Afghanistan, Pakistan dan bagian-bagian Iran sebagai provinsi yang disebut "Khorasan".

Amerika terus mengamati kelompok Taliban yang berbeda di Helmand.

Lonjakan pertempuran baru-baru ini diperkirakan menurun akhir bulan ini, karena awal musim panen tanaman candu. Militer Amerika memperkirakan, lebih dari separuh pendapatan Taliban berasal dari tanaman ini, yang kemudian diolah untuk menjadi candu yang sangat membuat ketagihan.[ka/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG