Tautan-tautan Akses

Italia Wakili Kepentingan Diplomatik Kanada di Iran


Menteri Luar Negeri Italia, Giulio Terzi (foto: dok) mengatakan negaranya akan mewakili kepentingan Kanada di Iran.

Menteri Luar Negeri Italia, Giulio Terzi (foto: dok) mengatakan negaranya akan mewakili kepentingan Kanada di Iran.

Italia hari Senin mengumumkan akan bertindak sebagai pelindung kepentingan Kanada di Iran setelah Kanada baru-baru ini memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran.

Menteri Luar Negeri Italia Giulio Terzi mengatakan Kanada mengajukan permintaan tersebut setelah menutup kedutaan besarnya di Iran pada 7 September. Kanada menyatakan Iran sebagai ancaman paling besar bagi perdamaian dunia, dan memerintahkan para diplomat Iran meninggalkan Kanada.

Ketegangan internasional meningkat terkait kecurigaan bahwa Iran sedang berusaha membuat senjata nuklir. Namun Iran berkeras kegiatan nuklirnya bertujuan damai, termasuk untuk pembangkit listrik dan perawatan medis.

Menteri Luar Negeri Kanada John Baird mengatakan negaranya mulai mengkaji keberadaan di Iran beberapa bulan lalu, terutama setelah pihak berwenang Iran sama sekali tidak bertindak untuk menghentikan serbuan atas kedutaan besar Inggris November lalu.

Iran menyebut penutupan kedutaan besar Kanada “terburu-buru dan tidak bijaksana”, dan membatalkan kunjungan ketua parlemennya kesana sebagai protes.
XS
SM
MD
LG