Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Israel Tewaskan 10 Tentara Suriah


Seorang tentara Israel membawa persenjataan di dekat Alonei Habashan di Dataran Tinggi Golan yang dikuasai oleh Israel, dekat garis pertempuran antara Israel dan Suriah (22/6).

Seorang tentara Israel membawa persenjataan di dekat Alonei Habashan di Dataran Tinggi Golan yang dikuasai oleh Israel, dekat garis pertempuran antara Israel dan Suriah (22/6).

Serangan udara Israel hari Minggu (22/6) malam menewaskan 10 tentara Suriah di wilayah Suriah di Dataran Tinggi Golan.

Para aktivis menyatakan serangan udara Israel semalam (22/6) menewaskan 10 tentara Suriah di wilayah Suriah di Dataran Tinggi Golan.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris Senin menyatakan bahwa pengeboman itu juga menghancurkan dua tank dan dua posisi artileri.

Para pejabat Israel menyatakan serangan-serangan udara tersebut menarget markas besar militer regional Suriah dan tempat-tempat peluncuran serangan, serta mengukuhkan serangan yang langsung tertuju pada sasaran.

Pengeboman itu merupakan tanggapan atas serangan hari Minggu yang menewaskan seorang remaja Israel. Seorang jurubicara militer Israel mengatakan bahwa serangan itu merupakan aksi disengaja terhadap Israel dan merupakan kekerasan lintas perbatasan paling berarti sejak dimulainya perang saudara di Suriah pada tahun 2011.

Ada beberapa kejadian penembakan dari Suriah ke Israel, tapi insiden hari Minggu itu adalah yang pertama kalinya seorang warga Israel tewas. Remaja Arab-Israel itu tewas dan dua lainnya luka-luka ketika mobil yang mereka tumpangi kena tembak saat mereka berkendaraan di wilayah yang disengketakan.

Tidak segera jelas apakah tentara Suriah atau salah satu dari banyak kelompok pemberontak yang menentang pemerintah melakukan serangan hari Minggu itu.
Israel merebut Golan dari Suriah dalam Perang Enam Hari tahun 1967 dan mencaploknya pada tahun 1981 dalam sebuah tindakan yang tidak diakui secara internasional.
XS
SM
MD
LG