Tautan-tautan Akses

AS

CIA: ISIS Rencanakan Lebih Banyak Serangan di Barat


Direktur CIA, John Brennan memberikan keterangan di depan Komite Intelijen Senat Amerika, Kamis (16/6).

Direktur CIA, John Brennan memberikan keterangan di depan Komite Intelijen Senat Amerika, Kamis (16/6).

Direktur CIA, John Brennan juga memperingatkan bahwa ISIS akan lebih banyak menggunakan taktik gerilya karena sudah kehilangan banyak wilayah di Irak dan Suriah.

Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA) mengatakan kepada Kongres hari Kamis (16/6) bahwa ISIS merencanakan lebih banyak serangan di negara-negara Barat sebagai pembalasan atas kemajuan yang dicapai militer pimpinan Amerika dalam melawan kelompok teroris itu.

Berbicara di depan Komite Intelijen Senat, John Brennan juga memperingatkan bahwa ISIS akan lebih banyak menggunakan taktik gerilya karena sudah kehilangan banyak wilayah di Irak dan Suriah.

Brennan mengatakan, meskipun sudah banyak kemajuan di medan tempur dalam menghadapi ISIS, usaha-usaha Barat itu tidak mengurangi kemampuan dan jangkauan global ISIS.

Brennan menambahkan ISIS mungkin berencana menyelundupkan orang-orangnya ke negara-negara Barat sebagai pengungsi atau melalui cara-cara perjalanan yang sah.

Ia menyatakan ISIS menyerukan kepada pengikutnya agar melancarkan serangan-serangan dengan pelaku tunggal di negara asal mereka, yang serupa dengan penembakan massal hari Minggu lalu di kota Orlando, Florida.

Brennan juga memberitahu para anggota legislatif itu bahwa ISIS membangun cabang-cabangnya di seluruh dunia menjadi suatu jejaring yang saling terhubung, dengan menyebutkan kehadiran ISIS yang semakin berkembang di Afghanistan, Semenanjung Sinai Mesir dan Yaman.

Sementara tekanan terhadap ISIS semakin meningkat, Brennan memperkirakan kelompok itu akan menanggapinya dengan meningkatkan kampanye teror globalnya untuk mempertahankan dominasinya dalam agenda terorisme global. [sp]

XS
SM
MD
LG