Tautan-tautan Akses

Iran Jatuhkan Hukuman Penjara 6 Tahun kepada Seorang Sutradara Film


Sutradara film Jafar Panahi (depan, tengah) dalam tahanan di Iran.

Sutradara film Jafar Panahi (depan, tengah) dalam tahanan di Iran.

Pengadilan Iran menjatuhkan hukuman penjara enam tahun kepada Jafar Panahi, seorang sutradara film yang diakui dunia internasional.

Media Iran melaporkan bahwa pengadilan setempat telah menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada seorang sutradara film yang diakui dunia internasional, Jafar Panahi. Vonis pengadilan juga melarang Panahi membuat film ataupun bepergian ke luar negeri selama 20 tahun.

Pengacara Panahi, Farideh Gheyrat, mengatakan kepada kantor berita Iran (ISNA) pada hari Senin bahwa kliennya itu dituduh “menyebarkan propaganda menentang sistem.”

Panahi, yang meraih penghargaan pada festival film di Chicago, Cannes dan Berlin, mendukung gerakan oposisi Iran. Ia ditahan selama 88 hari setelah ditangkap pada bulan Maret dan kemudian menjalani aksi mogok makan.

Menteri Kebudayaan Perancis Frederic Mitterrand menyerukan pembebasan Panahi pada hari Senin, seraya mencela penjatuhan hukuman terhadap Panahi sebagai “serangan yang tidak dapat diterima” terhadap kekebasan berekspresi para pembuat film.

Sutradara Iran lainnya dan juga pendukung oposisi, Mohammad Rasoulof, ditangkap bersama dengan Panahi pada bulan Maret. Ia dijatuhi hukuman enam tahun penjara atas tuduhan yang sama, tetapi pengacaranya mengatakan bahwa Rasoulof akan mengajukan banding.

Dalam perkembangan terpisah, pemenang Nobel asal Iran Shirin Ebadi menyerukan pembebasan seorang pengacara HAM, Nasrin Sotoudeh, yang dikurung di sel tersendiri di Teheran selama lebih dari tiga bulan.

XS
SM
MD
LG