Tautan-tautan Akses

Investor Nantikan Arah Kebijakan Yellen


Gubernur Bank Sentral AS Janet Yellen

Gubernur Bank Sentral AS Janet Yellen

Untuk pertama kalinya sejak menjabat sebagai Kepala Bank Sentral, Janet Yellen akan tampil di depan Kongres untuk memaparkan berbagai kebijakannya ke depan.

Bursa finansial global cukup tenang hari Senin sementara kalangan investor menunggu komentar pertama Janet Yellen di depan Kongres Amerika sebagai gubernur baru Bank Sentral Amerika (U.S Federal Reserve).

Ketika Yellen, hari Selasa ini berbicara di depan umum sebagai gubernur Bank Sentral Amerika untuk pertama kali sejak menggantikan Ben Bernanke, semua ucapannya akan dicermati.

Apakah ia akan merangkul kebijakan-kebijakan Bernanke? Apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunga jangka-pendek? Apakah ia khawatir mengenai ekonomi Amerika atau pasar sahamnya?

Diperkirakan tidak akan banyak jawaban langsung atas semua pertanyaan itu ketika Yellen berpidato di depan Komite Jasa Keuangan DPR Amerika. Kendati demikian, antisipasi atas kesaksian Yellen memang tinggi, ditinjau dari segi keprihatinan tentang ekonomi dan lapangan kerja Amerika, kemelut dalam pasar global dan ketidak pastian mengenai pengarahannya pada bank sentral itu.

Acara sidang dengar pendapat tersebut merupakan laporan dua-tahun sekali kepada Kongres Amerika mengenai kebijakan suku-bunga dan ekonomi Amerika. Setelah sidang, hari Kamis, Yellen akan memberi laporannya di depan Komite Perbankan di Senat Amerika. Bulan depan, ia akan mengetuai pertemuan Federal Reserve yang pertama dan mengadakan jumpa persnya, juga yang pertama sebagai kepala Bank Sentral.
XS
SM
MD
LG