Tautan-tautan Akses

Intensitas Topan Joaquin Meningkat Saat Dekati Bahama


Badai tropis Joaquin terlihat mendekati kepulauan Bahama dalam citra satelit yang diambil Selasa (29/9). (Reuters/NOAA)

Badai tropis Joaquin terlihat mendekati kepulauan Bahama dalam citra satelit yang diambil Selasa (29/9). (Reuters/NOAA)

Prakiraan jangka panjang untuk topan memperkirakan topan itu mungkin akan mendekati paantai Amerika sebelum hari Minggu.

Topan Joaquin telah dinaikkan ke kategori 3 sementara topan itu mendekati kepulauan Bahama.

Pusat Topan Nasional Amerika di Miami mengatakan Rabu malam (30/9) bahwa angin Joaquin telah meningkat ke kecepatan tetap 185 kilometer per jam.

Topan dibagi menjadi lima kategori intensitas, dengan kategori 5 bila kecepatan mencapai lebih dari 252 kilometer per jam.

Pusat itu mengatakan badai tersebut mungkin akan belok ke barat laut setelah meliwati bagian tengah dan barat-laut Bahama dan menuju negara-negara bagian mid-Atlantik di pantai timur Amerika.

Peringatan topan telah dikeluarkan untuk Grand Bahama dan kepulauan New Providence, dimana banyak dari penduduk terkonsentrasi.

Para petugas prakiraan cuaca di Pusat Topan Nasional di Miami memperkirakan badai itu akan meliwati angkasa Bahama hari Kamis dan Jumat. Ramalan jangka panjang untuk topan memperkirakan topan itu mungkin akan mendekati paantai Amerika sebelum hari Minggu.

Lintasan Joaquin setelah Bahama sulit untuk diramalkan. Tetapi sedikitnya satu model komputer memperkirakan topan itu akan pergi langsung ke teluk Chesapeake Bay di Virginia dan Maryland hari Minggu dan Senin sebagai badai kategori 2, yang merupakan kabar buruk bagi kota-kota besar di daratan seperti Washington, Baltimore, dan Philadelphia.

Satu lintasan lainnya memperkirakan topan itu akan pergi ke laut menjauhi pantai.

Sementara itu, angin bertekanan rendah yang menggulung di angkasa pantai timur Amerika, diramalkan akan menjatuhkan hujan lebat di kota-kota pantai hari Kamis dan Jumat. [gp]

XS
SM
MD
LG