Tautan-tautan Akses

India Ingin Pakistan Tindak Militan


PM Manmohan Singh mengatakan dialog dengan Pakistan tidak akan berlanjut hingga Pakistan mengenyahkan kelompok-kelompok militan yang beroperasi di wilayahnya.

India memperingati 63 tahun kemerdekaannya dengan meperingatkan Pakistan, agar tidak membiarkan militan menggunakan wilayah Pakistan untuk melancarkan aksi terorisme terhadap India.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan hal tersebut dalam suatu upacara di ibukota, New Delhi. Singh mengatakan bahwa dimulainya kembali dialog dengan Pakistan baru-baru ini, tidak akan berlanjut sebelum Pakistan mengenyahkan kelompok-kelompok militan yang beroperasi di wilayahnya.

Singh juga mendesak separatis Muslim di Kashmir India agar meletakkan senjata dan memulai perundingan. Ia mengatakan Kashmir adalah bagian tak terpisahkan dari India.

Perdana Menteri Singh mendorong rakyat India agar menghentikan diskriminasi berdasarkan agama, negara bagian, kasta, atau bahasa serta menyerukan pemberontak Maois agar mengakhiri kampanye kekerasan mereka. Ia mengatakan, kelompok Maois harus bekerjasama dengan pemerintah untuk mempercepat pembangunan ekonomi di wilayah-wilayah pedesaan.

Singh meminta warganegara India agar memperkukuh tradisi toleransi dan kemurahan hati negara tersebut.

XS
SM
MD
LG